Beranda / Informasi / Berita
Sawahan Dilalui Rel Balapan-Adi Sumarmo
Sabtu 7 Oktober 2017

SAWAHAN - Desa Sawahan akan segera dilalui rel kereta api yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Sumarmo Solo di Boyolali.

Rel kereta api sepanjang 13,5 kilometer itu melintasi sebagian wilayah Kota Solo dan Kabupaten Boyolali. Desa Sawahan termasuk dalam salah satu wilayah Boyolali yang dilintasi rel penghubung Balapan-Adisumarmo itu.

Untuk melancarkan rencana pembangunan rel, PT Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat Desa Sawahan di Balai Desa Sawahan, Kamis (7/9/2017). Sosialisasi itu ditujukan untuk warga pemilik tanah yang akan dilintasi rel kereta api. PT Kereta Api Indonesia berharap upaya pembebasan lahan berjalan lancar sehingga rel bisa segera dibangun.

Kepala Desa Sawahan, Poniman, mengatakan sosialisasi berjalan lancar dan sebagian besar warga telah menyetujui rencana pembangunan rel kereta api di desa setempat. Warga juga tidak keberatan melepaskan tanah mereka untuk membangun rel kereta api Balapan-Adisumarmo.

“Kebanyakan warga setuju dan tidak ada yang protes mengenai sosialisasi ini tapi kami belum tahu kapan proyek ini akan dilaksanakan,” kata Poniman.

Sebelumnya, sebagian warga juga telah melepaskan tanah yang dilintasi jalan tol Solo-Semarang. Poniman berharap pembebasan lahan untuk pembangunan rel kereta api berjalan lancar tanpa terganggu kesepakatan kompensasi.

Rel kereta api Balapan-Adisumarmo ditargetkan telah beroperasi sebelum 2018. Nantinya, rel itu akan memudahkan masyarakat yang hendak menuju Bandara Adisumarmo. PT KAI akan menyediakan empat rangkaian kereta terdiri dari empat gerbong yang bisa mengangkut 50 penumpang. Dengan melalui rel itu, perjalanan dari Balapan menuju Adisumarmo bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.