Beranda / Informasi / Berita
Warga Diajak Olah Sampah Jadi Berkah
Sabtu 7 Oktober 2017

SAWAHAN - Pemerintah Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, giat menggerakkan masyarakat untuk kreatif mengelola sampah menjadi hasil kerajinan tangan bernilai ekonomi.

Sampah merupakan masalah utama warga di hampir semua desa, tak terkecuali Sawahan. Jumlah penduduk yang kian bertambah membuat volume sampah otomatis juga meningkat. Pengelolaan sampah plastik menjadi fokus utama pemerintah desa. Sebab, sampah plastik sulit terurai meski telah terkubur ratusan juta tahun.

Untuk mengatasi persoalan itu, Pemerintah Desa Sawahan menggandeng salah satu industri rumahan kreatif asal Yogyakarta untuk memberi penyuluhan dan pelatihan pengolahan sampah plastik. Masyarakat diajak kreatif mengolah sampah plastik menjadi beraneka hasil kerajinan yang memiliki nilai jual.

Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari sampah plastik telah diadakan dua kali sepanjang 2017. Dalam pelatihan pertama, warga diajari membuat karya seni dari bekas botol dan kaleng minuman. Botol dan kaleng bekas disulap menjadi tempat lampu dan celengan. Sementara itu, pelatihan kedua mengajari warga memanfaatkan plastik bekas menjadi polybag untuk menanam aneka tanaman, seperti cabai, terong, dan sebagainya.

Masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan karena industri kreatif ini bisa menghasilkan keuntungan menggiurkan. Namun, warga masih enggan memulai industri kerajinan berbahan limbah plastik ini karena keterbatasan dana.

Pemerintah desa berharap masyarakat segera bergerak mandiri memulai usaha dengan bekal keterampilan yang telah diajarkan di pelatihan sebelumnya. Pemerintah juga bersedia memberikan dukungan modal asalkan industri kerajinan limbah warga telah mulai membuahkan hasil.