Beranda / Informasi / Berita
UPSD Dukung Industri Rumahan Warga
Sabtu 7 Oktober 2017

SAWAHAN - Pemerintah Desa Sawahan mendukung pertumbuhan industri rumahan warga melalui dukungan dana dari Usaha Simpan Pinjam Desa (USPD).

USPD mendapatkan sumber dana dari Pemerintah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Dana itu kemudian dipinjamkan kepada masyarakat untuk modal menjalankan usaha rumahan atau pertanian.

USPD Sawahan telah berdiri sejak lima tahun lalu dan terus berkembang pesat hingga saat ini. Usaha itu menjadi pengganti koperasi milik desa telah lama tidak aktif karena keterbatasan pengurus.

Sebagian besar masyarakat lebih menyukai pelayanan USPD daripada koperasi karena dirasa lebih menguntungkan. Pemerintah desa berharap USPD dapat berjalan lancar seterusnya sehingga bisa membantu mengembangkan perekonomian warga Sawahan.

Masyarakat yang mengajukan pinjaman juga dituntut menggunakan dana dengan sebaik-baiknya. Warga juga harus melaporkan perkembangan usaha dan rutin membayar angsuran pinjaman secara berkala. Sistem pinjaman diberikan secara berkelompok sehingga jika salah satu anggota tidak bisa membayar angsuran maka anggota lain harus siap menanggung tunggakan angsuran itu.