Beranda / Informasi / Potensi Desa
Peternakan Lovebird Sawahan nan Menjanjikan
Sabtu 30 September 2017

SAWAHAN - Merdu kicauan serta warna-warni bulu nan cantik membuat lovebird hasil peternakan Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, banyak diburu pecinta burung.

Lovebird adalah salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis yang berasal dari Bahasa Yunani, yakni agape berarti cinta dan ornis berarti burung. Burung cinta ini banyak disukai karena memiliki cara hidup yang unik.Sepasang lovebird jantan dan betina selalu duduk berdekatan dan saling menyayangi. Lovebird adalah jenis burung monogami meski hidup di alam bebas, jadi seekor burung jantan hanya akan berpasangan dengan seekor betina, begitu pula sebaliknya.

Lovebird juga memiliki suara kicuan yang merdu dan warna bulu nan indah. Segala keindahan dan keunikan yang dimiliki membuat burung ini banyak dicari. Harga seekor burung cinta bahkan bisa dibanderol hingga jutaan rupiah. Usaha peternakan lovebird pun tak pernah sepi peminat, seperti yang ada di Desa Sawahan.

Salah satu peternakan lovebird terbesar di Sawahan adalah milik warga Dukuh Padokan RT 002/RW 004, Sutarno. Dia memulai usaha peternakan sejak lima tahun lalu. Kini, lebih dari 200 ekor lovebird yang memiliki bulu cantik dan kicauan merdu  berada di peternakan Sutarno.

Sutarno mengembangbiakan burung di peternakannya dengan cara perkawinan alami antara jantan dan betina hingga bertelur. Telur-telur lovebird yang telah menetas dipelihara selama delapan bulan sebelum siap dijual. Meski lovebird cukup mudah dipelihara, Sutarno harus tetap berhati-hati mengantisipasi penyakit mata yang kerap menyerang dan mengakibatkan kematian burung.

Lovebird hasil peternakan Sutarno dijual mulai dari harga Rp100.000 hingga Rp500.000 per ekor. Burung yang memiliki kicauan indah bisa mencapai harga jutaan rupiah per ekor.

Lovebird peliharaan Sutarno dibanderol dengan harga mahal karena memiliki kualitas unggul. Sutarno hanya memberikan makanan alami untuk lovebird peliharaanya. Burung-burung itu juga dipelihara di kandang yang layak.

Sutarno biasa menjual lovebird di seluruh wilayah Boyolali dengan bantuan anak-anaknya di bidang pemasaran. Dia juga melayani pelanggan yang ingin membeli burung dengan datang langsung ke rumahnya.

Potensi Desa Lainnya
Gypsum Kuat Desa Sawahan
Senin 20 November 2017
Tempe Khas Sawahan
Sabtu 30 September 2017
Bakso Ayam Rasa Sapi
Sabtu 30 September 2017
Mebel Murah Berkualitas
Sabtu 30 September 2017