Beranda / Informasi / Potensi Desa
Bakso Ayam Rasa Sapi
Sabtu 30 September 2017

SAWAHAN - Bakso daging sapi sudah biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pernahkah Anda mencicipi bakso berbahan dasar daging ayam bercita rasa daging sapi seperti yang diproduksi di Desa Sawahan, Ngemplak, Boyolali.

Bakso Rasya buatan warga Dusun Padokan, Desa Sawahan, Waryanti, menawarkan bakso ayam rasa sapi nan enak dan lezat. Waryanti memulai bisnis pembuatan bakso sejak 15 tahun lalu. Idenya berawal dari keinginan membuat bakso enak untuk kalangan menengah ke bawah.

Bakso daging sapi memang terkenal lebih lezat ketimbang bakso berbahan daging ayam. Namun, harga daging sapi mahal sehingga harga bakso sapi cenderung lebih tinggi ketimbang bakso ayam. Oleh karena itu, Waryanti bertekad membuat bakso rasa sapi dengan harga lebih murah supaya sesuai dengan daya beli masyarakat menengah ke bawah.

Waryanti memproduksi bakso kering yang biasa digunakan sebagai campuran sayur. Bakso Rasya dijual dalam kemasan kecil berisi 15 butir dengan harga Rp1.650 dan kemasan besar berisi 500 gr seharga Rp12.500. Bakso kemasan kecil disetorkan kepada pedagang pasar, sedangkan kemasan besar dijual kepada agen.

Setelah jatuh bangun selama delapan tahun awal merintis usaha, Waryanti akhirnya bisa menikmati kerja kerasnya. Bakso Rasya kini memiliki penikmat lebih luas. Waryanti memasarkan bakso buatannya hingga wilayah Sragen. Dia justru menilai Bakso Rasya lebih laku di Sragen ketimbang di daerah Sawahan.

Dalam satu bulan, Waryanti bisa meraup omzet hingga Rp240 juta dari usaha pembuatan bakso ayam. Bakso buatan Waryanti biasanya paling ramai pesanan pada bulan Ramadhan.  Pembeli bisa memesan Bakso Rasya di nomor telepon  081328167048.

Waryanti mempekerjakan lima karyawan untuk membantu produksi bakso di rumahnya. Dia berharap usahanya itu terus berkembang agar bisa memberi lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Waryanti juga optimistis Bakso Rasya tidak pernah sepi peminat karena menawarkan harga terjangkau.

Potensi Desa Lainnya
Gypsum Kuat Desa Sawahan
Senin 20 November 2017
Tempe Khas Sawahan
Sabtu 30 September 2017
Mebel Murah Berkualitas
Sabtu 30 September 2017