Beranda / Informasi / Potensi Desa
Tempe Khas Sawahan
Sabtu 30 September 2017

SAWAHAN - Tempe merupakan jenis lauk pauk yang hampir tidak pernah absen dari menu makanan masyarakat Indonesia. Makanan berbahan dasar kedelai itu bisa ditemui di seluruh daerah, seperti tempe khas Desa Sawahan, Ngemplak, Boyolali, yang terkenal lebih lezat dan berkualitas.

Salah satu produsen tempe terbesar di Desa Sawahan adalah Hafiz. Dalam satu hari, Hafiz bisa mengolah lebih dari 100 kilogram kedelai untuk menjadi ratusan bungkus tempe. Tempe buatan Hafiz tidak hanya terkenal di Kecamatan Ngemplak, tapi juga telah dipasarkan ke seluruh wilayah Boyolali.

Meski telah memproduksi tempe selama 10 tahun terakhir, Hafiz belum memberi merk resmi pada produknya. Hafiz enggan memberi label produk karena khawatir harga tempe buatannya akan naik sehingga tidak sesuai dengan kantong pembeli.

Tempe buatan Hafiz memang terkenal lebih murah dan diproduksi secara alami. Hafiz menggunakan kedelai pilihan sehingga tempe buatannya berwarna putih bersih dan tak berbau. Dengan dibantu satu pekerja, Hafiz memproduksi tempe mulai dai pagi hingga siang setiap hari. Tempe baru bisa dijual ke pasar satu hari setelah produksi.

Selain disetorkan ke pasar, Hafiz juga biasa menjual tempe kepada tengkulak yang datang ke rumahnya. Pelanggan juga bisa memesan tempe yang enak dan sehat ini di nomor telepon 085702488683.

Hafiz mengemas tempe menjadi dua jenis, yakni tempe papan dengan bungkus plastik dan tempe berbungkus daun. Tempe papan berukuran 15 cm x 15 cm dijual seharga Rp3.000, sedangkan tempe berbungkus daun dibanderol dengan harga Rp200.

Potensi Desa Lainnya
Gypsum Kuat Desa Sawahan
Senin 20 November 2017
Bakso Ayam Rasa Sapi
Sabtu 30 September 2017
Mebel Murah Berkualitas
Sabtu 30 September 2017