Beranda / Profil Desa / Demografi Penduduk
Demografi Penduduk

Kondisi Demografis dan Monografis Desa Sawahan

Perkembangan Kabupaten Boyolali dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan perubahan yang signifikan dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat Boyolali. Keberadaannya saat ini tentunya membuat bangga bagi seluruh warga Boyolali, sehingga tidak merasa malu jika ditanya asal atau domisili oleh orang lain.

Sawahan adalah desa di kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Sawahan berbatasan langsung dengan Kota Solo yaitu dengan Kelurahan Banyuanyar di selatan dan Kalurahan Kadipiro di timur. Sehingga Sawahan terpengaruh lingkungan perkotaan dari Kota Solo. Banyak rumah kontrakan, pabrik, warung makan, pertokoan, serta jasa binatu, dan pedagang keliling.

Sawahan menjadi ibukota Kecamatan Ngemplak, dan di sinilah terletak kompleks kantor kecamatan Ngemplak, kantor polsek dan kodim Ngemplak, serta BRI kecamatan Ngemplak, pegadaian (di dukuh Gandu) dan kantor pos (di dukuh Padokan). Sawahan mempunyai lahan persawahan subur dan beririgasi teknis yang luas, yang sayang sekali banyak dialih fungsikan menjadi perumahan, pabrik dan pertokoan.

Desa Sawahan termasuk desa dengan jumlah penduduk paling banyak di seluruh Kabupaten Boyolali, yang tersebar di perkampungan khas Jawa Tengahan dan perumahan-perumahan yang mulai menjamur di tahun 2000an. Pembagian wilayah desa Sawahan dibagi menjadi 4 kadus dan 19 dukuh. Dalam bentuk tabel berikut pembagian wilayah Desa Sawahan:

Kadus I

Kadus II

Kadus III

Kadus IV

Dukuh Distrikan, Dukuh Jetis, Dukuh Sawahan Lor, Dukuh Gandu, Dukuh Sawahan Kidul

Dukuh Menggungan, Dukuh Padokan Kulon, Dukuh Padokan Wetan, Dukuh Karang mojo, Dukuh Mojorejo

Dukuh Padokan Wetan, Dukuh Karangmojo, Dukuh Mojorejo, Dukuh Sadon kulon, Dukuh Sadon Wetan

Dukuh Mojoasri,Dukuh Ledok, Dukuh Sadon tegalan, Dukuh Klajiran, Dukuh Dukuhrejo, Dukuh Meletan, Dukuh Kedunggupit

Iklim

Desa Sawahan berdasarkan kondisi iklimnya, dapat digolongkan sebagai wilayah dengan karakteristik lembab dengan dengan jumlah bulan kering 6 bulan dan 6 bulan basah selama satu tahun. Desa Sawahan tergolong datar dengan kemiringan 2-15% dan ketinggian 125 meter diatas permukaan laut.

Jenis Tanah

Desa Sawahan memiliki jenis tanah yang baik untuk pertanian sehingga tidak heran mayoritas penduduk desa Sawahan adalah petani yang mendapat aliran air sepanjang tahun dan ketersediaan rumput yang melimpah walaupun jenis tanah yang ada merupakan tanah alluvial yang megakibatkan jalan di desa Sawahan cepat rusak.

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Desa Sawahan sejumlah 10.120 jiwa, dalam bentuk tabel berikut jumlah penduduk Desa Sawahan:

Kadus I

Kadus II

Kadus III

Kadus IV

1761

2186

2840

3333